Tips Mendirikan Bengkel Motor Variasi

Saat ini kendaraan roda dua tidak hanya digunakan sebagai alat untuk bepergian dari suatu tempat ke tempat lainnya. Banyak orang yang saat ini mencoba untuk memberikan variasi pada sepeda motornya. Hal ini disebabkan oleh selera pengguna yang ingin memperindah kendaraanya dan agar tidak ingin kendaraan kesayangannya sama dengan milik orang lain. Oleh karena itu, peluang bisnis untuk mendirikan bengkel motor variasi sangatlah besar terutama di Indonesia.

Tips Dalam Mendirikan Bengkel Motor Variasi

Terdapat banyak faktor mengapa bengkel motor variasi memiliki peluang yang sangat besar di Indonesia. Salah satunya adalah penjualan kendaraan roda dua di Indonesia sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan harganya yang jauh lebih murah dari kendaraan roda empat dan cara penggunaannya yang tidak begitu rumit bagi semua kalangan.

1. Lokasi yang strategis
Fakta jika kebanyakan kendaraan yang banyak terlihat di jalanan adalah kendaraan roda dua memang benar adanya. Untuk itu, mendirikan bengkel variasi untuk motor bisa jadi ide menarik. Namun, mendirikan bisnis ini haruslah memilih lokasi yang strategis. Pilih lokasi yang bisa dibilang cukup ramai pengunjung karena bisa dengan mudah dilihat pengguna motor.

2. Perbanyak wawasan tentang bengkel variasi
Walaupun fokus dari bisnis ini lebih sedikit daripada bengkel motor pada umumnya, sangat diperlukan usaha yang besar juga untuk melayani pelanggan. Hal ini disebabkan konsumen yang sebagian besar sudah paham dengan variasi motornya sehingga Anda perlu memiliki wawasan yang luas pada bidang tersebut agar dapat memahami keinginan konsumen. Tidak hanya itu, sasaran konsumen dari bisnis ini biasanya didominasi oleh kalangan menengah ke atas. Hal ini disebabkan spare part variasi yang ingin ditambahkan ke kendaraan roda dua kesayangan pelanggan memiliki harga yang tidak murah. Jadi, pengetahuan tentang spare part serta harga pasaran sangat penting.

3. Kenalkan usaha ke komunitas
Anda juga perlu belajar setiap harinya karena kendaraan roda dua beserta spare part terus berkembang setiap saat. Anda bisa memperluas jaringan sambil belajar dengan cara bergabung dengan komunitas sepeda motor di media sosial yang biasanya sering dimodifikasi seperti vespa, harley, dan lain-lain. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui trend yang disukai pelanggan saat ini sehingga Anda bisa mempersiapkannya dengan baik apabila pelanggan datang ke bengkel motor variasi miliki Anda. Selain itu, Anda bisa mengenalkan usaha Anda ke komunitas tersebut sehingga bengkel Anda dapat dikenal oleh orang banyak. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena usaha ini tidak memiliki banyak konsumen sehingga Anda harus memaksimalkan kesempatan yang ada.

4. Maksimalkan spare part akan disediakan
Pertimbangkan juga untuk memaksimalkan spare part atau aksesoris variasi motor yang akan Anda sediakan ketika memulai bisnis ini. Alokasikan sebagian besar dari modal Anda untuk membeli berbagai macam spare part agar koleksi barang yang Anda jual juga banyak dan lengkap. Hal ini tentu saja akan dicari oleh konsumen terutama bagi pemilik kendaraan roda dua yang jenisnya jarang ditemukan. Untuk mengimbangi hal ini maka Anda juga harus menyediakan teknisi yang handal. Teknisi yang Anda pekerjakan juga harus ramah karena bidang ini sangat membutuhkan kepuasan konsumen. Jika konsumen puas dengan pelayanan yang Anda berikan maka bengkel motor variasi milik Anda dapat bertahan dan sukses dalam waktu yang cukup lama.

Beberapa saran atau tips di atas dapat membantu Anda untuk mendirikan bengkel motor variasi. Perlu Anda tanamkan di dalam pikiran Anda untuk mengedepankan kepuasan konsumen selain mengejar profit. Hal ini dapat membantu Anda untuk menciptakan bisnis yang dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Sumber: TrijayaPart Motor

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>